Bagi anda yang nganggur atau butuh usaha sampingan memproduksi Kecambah Kedelai ini bisa menjadi alternatif usaha anda, selain pengerjaannya mudah memproduksi kecambah kedelai ini penghasilannya cukup besar. Perkilogram kedelai itu bisa menjadi 2.5 kg sampai 3.5 kg kecambah kedelai dengan kualitas kedelai super (hasil produksi tergantung kualitas bibitnya). Kalkulasinya bila harga kedelai Rp.7.000,00/kg maka anda bisa mendapat keuntungan ± Rp.8.000,00 sampai Rp.14.000,00/kg kedelai. dengan harga kecambah kedelai Rp.6000,00/kg. Keuntungan yang cukup menggiurkan bukan? Apalagi bagi anda yang posisinya dekat dengan pasar.

Cara membuat Kecambah Kedelai ini sebenarnya sangat sederhana, tidak memerlukan banyak biaya dan waktu. Media yang dibutuhkanpun juga sangat sederhana hanya berupa Timba Atau Bak air yang dilobang-lobangi sebagai fentilasi udara. Timba dan Bak ini tidak harus baru karena pada akhirnya akan kita lobangi, kita bisa menggunakan Timba atau Bak Air bekas atau yang sudah pecah atau bocor.

Yang perlu diperhatikan hanya kualitas air didaerah anda karena bagus tidaknya hasil produksi Kecambah kedelai ini tergantung pada kualitas bibit dan air nantinya.

Baik kita langsung saja

PERALATAN :
  • 2 buah Timba atau Bak Air yang sudah dilobangi. Gunakan Soldier untuk melobangi, jarak antar lobang ± 3cm persegi, jangan terlalu lebar dan jangan terlalu sempit jaraknya karena ini akan mempengaruhi suhu pada kecambah yang pastinya akan mempengaruhi kualitas kecambah nantinya.
  • 1 Bak Air Yang masih utuh
  • 1 helai Daun pisang

BAHAN-BAHAN :
  • 1 kg Kedelai kecambah. Kedelai kecambah ini harganya lebih mahal dibandingkan kedelai bibit, teksturnya cukup kecil dibandingkan kedelai biasanya. Tapi kalau anda kesulitan mencarinya, sebagai percobaan sementara bisa gunakan kedelai bibit.

CARA PEMBUATAN :
  • Buanglah kedelai yang berwarna hitam dan gepeng, karena tidak akan tumbuh dan kalau dibiarkan akan merusak pada kedelai yang lain nantinya
  • Rendam kedelai selama 2 jam pada bak air yang masih utuh
  • Tiriskan kedelai pada 2 buah timba atau bak yang sudah dilobangi
  • Tutupi kedelai dengan Daun pisang
  • Siramlah kedelai 5 jam sekali dengan air. Penyiraman air dilakukan dengan cara mengguyur sehingga perkirakan air  merata pada kedelai dan diperkirakan lendir yang dikeluarkan oleh kedelai terbawa oleh air. Lakukan penyiraman 5 jam sekali selama 4 hari untuk kecambah berukuran panjang Seperti gambar dan 3 hari untuk ukuran sedang, silahkan disesuaikan dengan selera anda.

Selamat anda telah berhasil membuat kecambah kedelai
Sekian dulu Cara membuat Kecambah Kedelai kali ini
Semoga bermanfaat!

Apabila ada masalah silahkan tulis dikomentar!
BAGIKAN →

Jika Anda Menyukai Artikel-Artikel Di Blog Ini Silahkan Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Blog Ini

Masukkan Email